Selasa, 25 Juni 2019

Kisah Sukses : Pemilik Waralaba Istimewa Sambal Pengusaha Miliaran

Profil Pengusaha Yoyok Heri Wahyono



Orang Indonesia tidak bisa jadu dari sambal pedas. Inilah yang ditarget pemilik waralaba Spesial Sambal. Siapa sangka ia bisa menjadi pengusaha miliaran rupiah. Di banyak sekali daerah, kita akan menemukan cita rasa sambal yang berbeda, dan dari sinilah; inspirasi bisnis muncul.

Pengusaha Yoyok Heri Wahyono melihat prospek tersebut dengan jelas. Spesial Sambal, apa yang membuatnya menarik di tangan Yoyok? Dia lebih menentukan mencari resep aneka sambal dari penjuru Indonasi. Hasilnya ia menemukan 29 jenis sambal dan menentukan fokus daripada menciptakan makanan.

Hasilnya? Spesial Sambal -nya digemari para pecinta pedas. Bisnis yang sekarang telah menjadi ikon kota Yogyakarta, merupakan hasil aliran sang pengusaha miliaran. Bapak tiga orang anak ini mengaku kunci suksesnya bukan hanya menyangkut rasa.

Kunci sukses bisnis masakan berdasarkan pemilik waralaba Spesial Sambal; ialah harus yummy ditambah mengesankan, memikat, dan mempesona. Pria empat puluh tahun yang mempunyai nama panggilan Yoyok, sekarang menjadi administrator Waroeng SS. Bisnis yang berkembang mempunyai 58 cabang di 27 kota.

Awal mulanya, Dia bercerita ketika mencoba masakan di rumah makan yang jauh, pelayanan tidak ramah, tapi selalu laris. Disini lah gres terungkap, melalui mulutnya bahwa rasa masakan begitu mengikat.

Pengusaha Miliaran Waralaba Spesial Sambal


Makanan disajikan bukan hanya yummy tapi "ngangeni" ungkapnya mendeskripsikan persaannya kala itu. Meski pelayanan buruk tapi masakannya yummy (ngangeni), maka tidak perlu khawatir. Kenyataan itulah membuatnya selalu bersikeras dengan ideologinya.

Waroeng SS harus menjadi masakan yang yummy juga ngangeni, tapi ditambah pelayanan dan tempat strategis; hasilnya miliaran rupiah. Kalaupun anda mempunyai bisnis dengan administrasi jelek. Selama rasanya ngengenin tinggal perbaiki manajerial, dan tetap akan laku.

Itulah resep diam-diam Yoyok SS Sambal. Berjalannya waktu, warung ini yang menggunakan penjualan sistem franchise, menentukan untuk menggunakan kemitraan tertutup. Ini ada alasannya loh, Yoyok menyebut guna mempertahankan rasa sambalnya.

Dia yakin lebih gampang mengontrol tiap outlet. Waroeng SS resmi didirikan di tahun 2005, mempunyai 3 orang karyawan awalnya, yang sekarang bermetamorfosis 1.800 karyawan. Sebelas tahun sudah Waroeng SS berjualan diamana halangan rintangan dihadapi dengan sabar.

Pemilik warlaaba Spesial Sambal ini menentukan menahan diri.

"Untuk memudahkan, kami membagi WaroengSS menjadi beberapa menejemen area, menyerupai Jogja (pusat), Jabodetabek, Solo, dan Semarang, menejemen area itulah yang bertanggung jawab terhadap WaroengSS yang ada di wilayahnya," ujarnya.

Pada tahun 2002, Yoyok masih berkutat dengan segala sesuatu wacana event organizer. Usahanya di bidang event organizer, membuatnya terjebak dalam ketidak pastian kenangnya. Tidak setiap hari harus menyiapkan sebuah program kan.

Dan, dari sana, Yoyo hanya mendapat hasil yang kecil. Di tahun itu juga, ia dan kelima temanya menentukan bisnis masakan dengan aspek menjual lebih besar.

Mengusung nama Spesial Sambal, enam sekawan kemudian membangun warung tenda kaki lima di Jl. Kaliurang (tepatnya di sebelah barat Graha Sabha Pramana, UGM). Spesial Sambal kemudian hadir ditengah masyarakat sebagai seorang hebat sambal.

Spesial Sambal memperlihatkan banyak sekali macam sambal sebagai usaha. Ini merupakan nilai lebih mereka. Spesial Sambal tidak menghadirkan sebuah eksperimen, tetapi mengatakan sambal sepenuhnya hasil pencarian.

Rahasia Sukses Waralaba Spesial Sambal


Dalam waktu 6 bulan, alumnus Teknik Kimia, UGM tersebut berani membuka cabang Waroeng SS. Bahkan tidak lama, ia sudah memapu membuka beberapa jcbang lagi. Besarnya trend masyarakat menciptakan Yoyo lebih percaya diri.

Dia getol melalukan perluasan sebelum banyak pesaing bermunculan. Ia lantas membuka prospek waralaba. Ini akan memastikan konsepnya tidak ditiru, ditambah menguasai pasar sambal. Ia berhasil hingga perjuangan dangan lambang SS tersebut menjadi bisnis waralaba yang besar.

Terbukti, melalui entrepreneurship yang kuat, Spesial Sambal  berhasil membuka 40 gerai yang tersebar di banyak sekali dearah. Itu sudah mencakup Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, Kediri, Bandung, Jakarta, Depok, Cirebon hingga Pekanbaru.

Tak heran kalau julukan Mr. Huuh- Haah tersematkan kepadanya. Pengusaha miliaran ini bisa melalui bisnisnya, Spesial Sambal telah bisa mengambil waktu yang tepat. Jika lengah sedikit, kami bisa pastikan usahnya tidak akan tumbuh.

Ini bukan hanya problem kemampuan membangun tetapi juga ekspansi. Berbicara harapan, Yoyok berharap memperluas jangkauannya hingga ke kawasan minimal ada dua cabang. 

"Sejauh ini memang gres menjangkau Sumatera, Jawa, dan Bali; namun ke depannya pastilah ingin memperluas perluasan cabang lagi, bahkan tidak hanya di dalam negeri saja, namun hingga ke luar negeri," ungkapnya.

Baginya berbisnis bukan hanya memenuhi kebutuhan semata, tapi lebih ke tanggung jawab. Dia bertanggung jawab atas hidup karyawannya supaya tidak mandeg. Usahnya harus mencakup penemuan serta perluasan merambah ke dearah.

Ini juga termasuk cara membantu membuka kesempatan kerja. WaroengSS mempunyai omset rata- rata 11-12 miliar tiap cabangnya. Walau terbilang sudah besar, WaroengSS disebutnya masih bisnis yang boros.

"Untuk margin keuntungan hanya berkisar di angak 8-13%, alasannya bagi saya SS ini perjuangan yang boros, selain operasional materi baku, juga untuk biaya SDM yang bisa mencapai 20%," jelasnya.

Baginya peningkatan SDM merupakan kewajiban alasannya merupakan ujung tombak bisnis. Yoyok balasannya menyiapkan tempat training. Maksudnya menggembleng karyawan untuk tahan banting serta cekatan.

Yang tersulit, ia mengaku menemukan menejer dan supervisor yang benar- benar mau bekerja keras. Salain faktor internel, WaroengSS juga mengalami kesulitan di eksternal.

"Kembali lagi ke kondisi riil bangsa kita ketika ini, faktor keamanan terutama di kota-kota besar terkadang mengakibatkan pemilik perjuangan menyerupai kami harus mengeluarkan budget khusus faktor X tersebut," lanjut Yoyok.

Dia harus siap akan perubahan harga seketika, serta urusan birokrasi yang menghambat. Sebuah kebiasaan, bagi pebisnis di kota besar, Yoyok harus tetap bersabar menunggu kebijakan pemerintah.

Untuk isu franchise atau bisnis lainnya kunjungi: www.waroengss.com

2 komentar:

numpang promo ya gan
kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
Kesempatan Menang Lebih Besar,
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan kalian semua.
Silahkan tinggalkan komentar anda dengan baik dan sopan.
Silahkan berikan saran dan kritik untuk membangun blog ini jauh lebih baik.
terimakasih

Baca Juga

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
close
Banner iklan   disini