Minggu, 23 Juni 2019

Kisah Sukses : Konsultan Wirausaha Yoris Sebastian Big Circle

Profil Pengusaha Yoris Sebastian 


 Udah nonton jadwal Big Circle wacana wirausaha Kisah Sukses :  Konsultan Wirausaha Yoris Sebastian Big Circle
 
Udah nonton jadwal Big Circle wacana wirausaha. Sosok konsultan wirausaha Yoris Sebastian Nisiho, niscaya meregut perhatian. Siapakah Yoris Sebastian pengusaha muda suka bercanda. Meskipun begitu beliau dikenal serius ketika membahas mengenai ide- ilham bisnis.

Pengusaha muda yang mengedepankan kreatifitas. Perlu buktikah? Hasil karyanya untuk produk Class Mild yaitu Class Music Heroes Award, bukan ajang award biasa tapi ajang nyeleneh. Kenapa kita menyebut nyelenah alasannya jadwal diadakan di sawah, pom bensin, bahkan sebuah jembatan.

Konsultas wirausaha dan jadwal kreatif, kelahiran Ujung Pandang, 5 Agustus 1972, yang punya sejuta inofasi melalui bisnisnya OMG Creative Consulting. Masih kurang percaya maka kau harus berkunjung ke Hard Rock Cafe.

Maka jadwal "I Love Monday" ialah salah satu hasil karyan Yoris. Sudah banyak penghargaan yang sukses disabet.  Pria yang pernah menduduki jabatan GM  termuda. Banyak sudah penghargaan dari dalam dan luar negeri didapatkan.

Sebut saja penghargaan British Council's International Young Creative Entrepreneur, Asian Pacific Entrepreneur Award Winner (Most Promising Entrepreneurs), Young Marketers Award Winner dari IMA and Markplus, dan juga Future CEO to Watch dari majalah SWA.
 

Konsultan Wirausaha OMG Consulting


Selepas Sekolah Menengan Atas di Pangudi Luhur, Yoris tetapkan untuk magang di Majalah Hai, padahal kala itu ia masih berumur 19 tahun. Di sanalah Yoris mulai aktif berkecimpung industri kreatif. Kreatifitasnya semakin tumbuh dan titik baliknya ketika ia tetapkan meneruskan karirnya di Hard Rock Cafe.

Kreatifitas memang sudah ada semenjak masih kecil loh. Kala itu Yoris mencoba mengingat bagaimana ketika anak lain sibuk denga buku, beliau telah berjualan kaos aneka desain, meski tidak boleh tetap saja ngotot.

"Dulu saya jualan kaos dilarang, kini cuma kasih konsep sudah di bayar mahal," tawanya kepada okezone, beberapa waktu lalu.

Yoris sukses mencapai jabatan General Manager, menjadikannya GM termuda Hard Rock Cafe, dan kedua di dunia dan pertama di Asia. Salah satu karyanya yaitu jadwal I Love Monday. Selain itu beliau juga sibuk riwa- riwi memperlihatkan motivasi pengusaha muda.

Pada 2003, I Love Monday resmi diperkenalkan, sebuah jadwal musik tak lazim alasannya dilaksanakan di hari Senin. Ternyata sembutannya luar biasa. Tak berhenti disana, beliau juga membuat jadwal yang bertajuk Destination Nowhere yang berarti Tujuan Tidak Kemanapun di tahun yang sama.

Acara jalan- jalan yang jadwalnya tidak disampaikan pada pesertanya. Salah satu bentuknya yaitu jadwal ini diselenggarakan di dalam pesawat ketika berada diudara, bersamaan itu Band Cokelat melaksanakan peluncuran album di atas perjalanan 30.000 kaki ini.

Hal ini kemudian diabadikan oleh MURI (Museum Rekor Indonesia). Yoris gres tetapkan untuk mengejar bisnisnya sendiri sekitar 2007. Sadar bahwa ada sesuatu yang ingin dicapainya sendiri, ditambah rasa bosan menjadi "buruh" perusahaan lain.

Di usia 34 tahun, ia segera membangun mimpinya melalui perusahaan konsultasi kreatif Oh My God (OMG) yang lahir di 1 April 2007, usahanya menjual ide- ilham kreatif kepada klien. Perusahaan yang menjadi konsultan pengembangan bisnis konsep ruang rapat di fPod di fX Jalan Sudirman, Jakarta.

Kemudian menjadi kreatif konseptor Rasuna Epicentrum yang mengusung konsep The Creative Capital of Jakarta; konsultan untuk jadwal Black Innovation Award 2009 dan International Young Creative Entrepreneur Award British Council Indonesia.

Prestasi lain perusahaan ini yaitu pemasaran konsep word of mouth untuk XL dan kosmetik Caring Colours; konsultan pemasaran kreatif film- film cukup umur Queen Bee (2009) dan Ketika Cinta Bertasbih (2009); hingga konsep bisnis inovatif untuk Avia Tour.

Yoris pun dikenal akan penemuan dan ilham kreatifnya. Pria yang suka minum air putih ini memperlihatkan konsistensinya dalam membuat ide-ide kreatif yang tidak biasa. Berpikir di luar kewajaran atau think out of the box.

"Ide kreatif akan segera berkembang jika dimulai dengan hal yang kecil (start small)," pungkas laki-laki berkulit putih ini.

Kepribadian Pengusaha Muda


Sebenarnya apa profesi anda? Jika ada yang menanyakan hal itu, Yoris selalu menjawab to the point "Saya ialah event consultant dengan fokus pada bussiness innovation concept yang meski inovatif tetap diadaptasi dengan huruf klien," katamya.

Selain menggeluti bisnis konsultasi kreatif, Yoris juga sempat mencar ilmu akuntansi loh di Universitas Atmajaya, Jakarta. Walau tidak kelar alias DO. Yoris menganggap ilmu akuntansi itu penting sebagai bekal menjalankan bisnis.

Meski konsep yang ditawarkannya selalu dianggap nyeleneh, tapi soal profit dan taktik tetap akan selalu diperhitungkan. Jadilah setiap event dilaksanakan dengan perhitungan matang, untung untuk si penyelenggara juga untuk Yoris sendiri.

Di kantornya beliau dijuluki invisible boss alasannya kehadirannya yang sangat jarang. Ia lebih suka selalu bergerak semoga tak terjebak pada rutinitas katanya. Yoris terbiasa mengambil resiko sebagai buah kegemarannya main game diwaktu kecil.

Yoris juga selalu memberi respek yang setara pada apapun yang ia kerjakan tanpa memandang besar kecilnya.

"Saya selalu bilang, start small. Mulailah dari hal kecil, jangan eksklusif besar. Itu yang saya pelajari dari pengalaman sendiri," katanya.

Hal lain yang juga tengah digelutinya ialah membuat minipreneur. "Saya ajak ibu rumah tangga muda untuk bekerja dari rumah, untuk beberapa proyek saya. Ini sekaligus mendukung jadwal ibu menyusui, ternyata banyak lho yang minat," terangnya.

Hal lain lagi yaitu, salah satunya, mengerjakan proyek dari grup musik Padi untuk peluncuran album di atap Mall Sarinah. Acara ini sukses besar bahkan mengakibatkan macet alasannya banyaknya wartawan dan orang yang menonton.

Ide itu datanya dari mana saja itulah Yoris. Sumbernya sanggup dari mereka- mereka yang telah sukses menyerupai sosok Walt Disney, Steve Jobs, Madonna, dan Donald Trump sebagai idolanya. Ia menganggap bahwa mereka ialah inovator yang sukses berkat ilham kreatif mereka.

Walt Disney berhasil mempioniri pembuatan wahana hiburan Disneyland dan Walt Disney World Theme Park. Steve Jobs sosok menjadi inovator, sekligus pendiri, dan penemu Apple Computer. Dan Donald Trump  ialah Bos Properti di AS dan Madonna seorang penyanyi terkanal asal Amerika.

Website pribadi: yorissebastian.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan kalian semua.
Silahkan tinggalkan komentar anda dengan baik dan sopan.
Silahkan berikan saran dan kritik untuk membangun blog ini jauh lebih baik.
terimakasih

Baca Juga

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
close
Banner iklan   disini