Senin, 01 Juli 2019

Kisah Sukses : Pensiunan Pns Ini Menjadi Pengusaha Budidaya Alpukat Miki

Profil Pengusaha PNS Suharno


 Orang bilang jadi PNS yummy punya penghasilan tanpa kerja nanti Kisah Sukses :  Pensiunan PNS ini Menjadi Pengusaha Budidaya Alpukat Miki
 
Orang bilang jadi PNS yummy punya penghasilan tanpa kerja nanti. Sosok pensiunan PNS ini menjadi pengusaha budidaya Alpukat Miki. Padahal Suharno mendapat jatah bulanan penghasilan. Alasan menentukan wirausaha alasannya yaitu ingin tetap produksi di masa senja.

Mantan Pejabat Lingkungan Pemkab Banjarnegara, Jawa Tengah. Jabatan terakhirnya yaitu Asisten 1 Sekertaris Banjarnegara. Kini disibukan pekerjaan barunya menjadi pengusaha. Dia membudidaya alpukat miki, melalui tanah miliknya di tempat Komplek Perum Limbangan Baru.

Pensiunan PNS ini menjadi pengusaha selepas 2012 silam. Sibuk menggeluti usahanya alasannya yaitu sangat senang. Dia cendekia menentukan bibit- bibit tanaman unggul Salah satunya ya alpukat mini miliknya yang populer laris.

"Saya menyukai bercocok tanam semenjak SMP," ia menambahkan. Dan lingkungan Suharno S.Sos yang menawarkan dukungan. Keluarga memang bahagia dengan tanaman menghijaukan. Jika dulunya beliau hanya lakukan untuk hobi, kini diseriusi sebagai usaha.

Menjadi Pengusaha Budidaya Alpukat Miki

Sebagai catatan bahwa budidaya alpukat miki laris. Pasarnya tidak hanya dijual dalam negeri tetapi dijual ke luar negeri. Pasar ekspor- impor sudah ada ditangan pensiunan PNS ini. Suharno kini menjabat sebagai ketua harian HKTI Banjarnegara.

Alpukat Miki merupakan bibit varietas unggulan dataran rendah. Bibit ini dikembangkan oleh pihak Pusat Kajian Buah- Buahan Tropika ITB. Peneliti ITB Dr. Sobir berserta tim peneliti menghasilkan bibit alpukat yang sifatnya besar dan lembut.

Berat alpukat Miki mencapai 400- 600 gram dan produksi di usia tanaman 2- 3 tahun. Usia generatif tanaman ini pada usianya 5 tahunan. Sifatnya genjah sehingga unggul dibanding alpukat lain. Rasa dihasilkan alpukat pulen dan bagus enak.

Umumnya berbuah satu kali dalam setahunan saja. Sedangkan alpukat Miki menghasilkan buah tiap tahunnya. Alpukat hijau ini menghasilkan domplan yakni rindah dan lebat buahnya. Alpukatnya juga mengkilat lebat diujungnya jadi menyenangkan.

Buahnya tebal berwarna kuning cerah ketika dibuka. Walaupun buahnya bagus tanpa getir dan tahan hama. Buah alpukat ini sangat kuat bila digigit ulat buah. Kulitnya kuat tebal tidak gampang untuk sanggup ditembus.

Pohon ulat juga dimangsa ulat utamanya jenis Cricula Trisfenestrata. Daun alpukat juga tidak cocok buat penceranaan ulat. Hati- hati alasannya yaitu ini juga kuat kepada binatang sapi atau kambing. Ini sering disebut alpukat mentega sangat direkomendasikan untuk dibudidaya oleh masyarakat.

Cocok buat budidaya dataran rendah berkualitas prima. Produksi banyak meskipun usia masih muda. Ini merupakan kesempatan bagi pensiunan PNS juga.

Pensiunan PNS Tetap Produktif

Apakah syarat menanam alpukat Miki, yaitu dataran tinggi setinggi maksimal 1.500 meter di atas permukaan laut. Cocok ditanam pada wilayah tropis maupun sub- tropis. Tidak dilema ditanam di tanah remah maupun tanah berlempung.

Kondisi penanaman tidak butuh cahaya matahari intens. Budidaya alpukat mentega memang mudah. Suharno menambahkan beliau mendapat bibit lewat okulasi. Menurutnya ini merupakan cara terbaik mendapat bibit.

Bagi kau yang berminat budidaya alpukat Miki. Jangan segan tiba ke tempat Suharno untuk belajar. Juga menawarkan layanan bibit unggulan untuk ditanam. "Kami akan menyebarkan ilmu, bagi yang ingin mudah saja kami menyediakan bibit siap tanam," ujarnya.

Teknik dipakai untuk menanam alpukat Miki. Adalah teknik okulasi yakni melekat batang ke pohon alpukat lain. Penyambungan dilakukan ketika usia benih dua bulan dan tinggi 60 cm. Kenapa pensiunan PNS ini menjadi pengusaha budidaya alpukat.

Dia menjawab acara bercocok tanam menekuni hobi. Selain itu acara ini akan menghindarkan beliau dari pikun. Memberikan imbas faktual bagi kesehatan orang tua. Untuk teknik okulasi sendiri sangat membantu semoga rasa tidak berubah.

Di usia senja kini 50 pohon saja sudah cukup jadi jaminan. Ayah dari dua putra dan dua cucu ini juga membudidaya pisang rajalawe. Pisang kondang dari Banjarnegara, buahnya panjang dan bagus cocok dijadikan tanaman buah.

Dari jenis Euclyptus cocok untuk dataran tinggi ibarat Dieng. Suharno juga membudidaya buah lain yakni jeruk keprok. Dia juga mengembangkan buah jambu air Deli Hijau. Segmen pasar yang beliau sasaran yaitu gampang dijual, dan menghasilkan untung dibanding buah umum.

2 komentar:

numpang promo ya gan
kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
Kesempatan Menang Lebih Besar,
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan kalian semua.
Silahkan tinggalkan komentar anda dengan baik dan sopan.
Silahkan berikan saran dan kritik untuk membangun blog ini jauh lebih baik.
terimakasih

Baca Juga

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
close
Banner iklan   disini