Rabu, 17 Juli 2019

Kisah Sukses : Jual Ikan Hias Di Kaskus Pengusaha Nicholas Kurniawan

Profil Pengusaha Nicholas Kurniawan



Siapa pengusaha Nicholas Kurniawan, ialah termasuk anak muda yang keras kepala soal berbisnis. Keras kepalanya ya sebab ia selalu berusaha walau halangan menghadang. Sebagai entrepreneur, atau pengusaha muda, karirnya terbilang termasuk unik dibanding pengusaha muda lain.

Yakni bermodal sebuah thread situs jual- beli Kaskus. Sekarang, setiap bulannya, pengusaha muda yang bersahabat disapa Niko ini, sukses menjual seribu ekor ikan hias banyak sekali jenis hingga ke luar negeri, yakni Singapura, Thailand, Taiwan, dan  Hong Kong

Termasuk beberapa negara Eropa menyerupai Yunani, Belanda dan Inggris juga loh. Ketika itu, pada tahun 2003 -an, mulailah Niko iseng menjual ikan melalui lembaga jual beli Kaskus. Sedikit menyerupai dongeng, ia kala itu masih duduk di kursi SMA, mulai aktif menjual ikan hias di situs tersebut sendiri.

Awalnya sih cuma coba- coba tapi, eh, sukses itu konkret hingga keterusan. Pernah berbisnis bermacam model, pernah ikut MLM, semua dilalui sepanjang karir. Ini membangun mental menjadi pedagang tangguh.

Jual Ikan Hias di Kaskus Sukses Mampus


Pengusaha muda kelahiran Jakarata, 29 Januari 1993, yang mana bukanlah seorang anak yang manja. Dia ingat betul bagaimana keluarganya yang sering bertengkar hingga terdengar kata cerai. Masalahnya apalagi kalau bukan ekonomi, ini cukup menciptakan Niko menjadi anak broken home.

Niko bahkan pernah mendapat surat teguran sebab menunggak uang bulanan sekolah. Tapi Niko masih mempunyai kesadaran, ia tak mau terpengaruhi godaan khas anak terpelajar balig cukup akal yang tiba silih berganti. Hanya Niko tidak mau mengakibatkan hal negatif sebagai pelarian.

Dia yang selalu melihat pertangkaran, yakin walau sering terjadi pertengkaran di rumah. Ia yakin kedua orang tuanya sangatlah mengasihi anak- anak mereka. Inilah alasan yang menjauhkannya dari pergaulan bebas. Niko menentukan bekerja membantu meringankan beban keluarga saja.

Keadaan serba terbatas malah membimbing Nicholas Kurniawan mandiri. Niko lantas mulai menentukan berusaha sendiri sebagai wirausaha. Sejak masih kelas 2 SD, di usia 7 tahun sudah berjualan mainan untuk membeli mainan baru.

Dia pernah menjual aneka baju, donat, hingga camilan manis buatan mama disaat masih duduk di kursi SMP. Niko pernah pula ikut bisnis MLM dikala SMA, tetapi menyerupai yang sudah- sudah, ia sadar betul MLM bukan sumber baik dan gagal ditengah jalan.

Sampai mengenal Kaskus di Februari 2010!

Nicholas mengaku hanya iseng menjual ikan therapy dari mamanya. Dia hanya merasa kurang suka memelihara ikan semacam itu; kemudian dijualanya ke lembaga Kaskus. Hal iseng tersebut berbuah respon yang sangat baik, ini diluar dugaan Niko sebelumnya.

Otak bisnisnya menentukan untuk mencari supplier bukanya menentukan berhenti. Ia kemudian mendapat pemberian seorang teman untuk menjual ikan gura rafa lagi. Tapi, tidak cukup, Niko mencari- cari lagi hingga ke dunia maya.

Satu per- satu supplier ikan didekatinya. Niko bergeriliya di toko- toko ikan dimanapun itu. Caranya ada yang eksklusif nimbrung saja. Ada pula yang ia dekati melalui pengajuan proposal, pada dasarnya biar semoga ia bisa tetap berjualan.

"Awalnya mereka tidak begitu praktis percaya. Saya buat proposal, saya kirim ke 100 orang, yang respons hanya 10. Dari 10, yang jadi belum tentu satu," ungkapnya, kala diwawancara oleh SWA di penangkaran ikan hiasnya di daerah Jakarta Barat.

Lewat Kaskus, ia mulai berjual ke banyak sekali fish therapy ke Mall, dari Blok M, Point Square, Pulit Junction. Tidak ketinggalan, Niko mengaku pernah menjual ke sebuah hotel, Hotel Alexis, beberapa rumah anggota dewan perwakilan rakyat partai Demokrat dan PAN.

Guna mensuport toko ikan kecilnya ia tak ragu eksklusif membeli domain atau alamat situs. Caranya pun ada khusus. Niko memulai melaksanakan riset kata kunci semoga ikan yang dijual laku melalui mesin pencarian Google.

Jual Ikan Hias di Kaskus dan Online


Susah memang persaingan bisnis online, tapi ia berhasil. Pria yang kini tengah kuliah di Jurusan Pemasaran Prasetiya Mulya Business School ini, lantas menciptakan toko online sederhana, biar bisa bejualan di internet yaitu www.tropicalfish-indonesia.com.

Alasannya menentukan nama tersebut, sebab memang distributor atau penggemar ikan hias di luar negeri kerap memakai kata "ikan tropis" dalam bahasa Inggris kala mencari ikan buruannya di dunia maya. Tujuannya semoga sekali tembak dua sasaran kena: pembeli lokal dan luar negeri.

Kepercayaan toko ikan hias mulai diraih, disaat kualitas kiriman produk bisa memuaskan mereka. Pembayaran lancar ke para pemasok ikan hias dari sejumlah penangkar di Pulau Jawa, Kalimantan, hingga ke tanah Papua, turut melambungkan namanya.

Berkat pasokan besar itulah jumlah kliennya mulai beranak pinak. Niko tak segan- segan beriklan di internet semoga situsnya praktis ditemukan. Alasannya menentukan bisnis iklan hias sebab memang prospeknya bagus, jelasnya.

Di bisnis ikan, Nicholas juga pernah mengalami beberapa kali kegagalan berbisnis loh. Dia pernah 3x rugi besar. Kisahnya Niko dulu pernah loh mengambil keputusan salah, menciptakan pelanggan kecewa, namun tidak berhenti berusaha.

Sebagai contoh, ia pernah mendapat order besar ikan hias dan gagal kirim. Saat itu ia mengalami kesulitan mengirim ke Medan. Pembeli membatalkan ordernya, dan rugi besar sebab tidak mampu mencari cara. Melalui kegagalan itulah, ia menemukan inspirasi gres dan cara baru.

Dia mencari pedagang ikan garra rufa (ikan therapy) di sekitaran Medan sebagai supplier. Ia tinggal telpon, mengantarkan barang, dan membayarnya. Tetapi mencari supplier bukan kasus mudah, tidak berjalan menyerupai harapan.

Dia tidak bisa mencari cepat justru tetap mencari di Jakarta. Itu semua perihal dana yang tidak menutupi pengeluarannya. Tetapi, ia mengaku mulai berafiliasi bersahabat dengan penjual ikan sebab duduk kasus tersebut, dari sana ia mulai dipercaya duduk kasus pembayaran.

Pengusaha Muda Ikan Hias yang Selalu Belajar


Niko berguru bahwa mungkin jikalau bukan ada kerena keadaan yang sulit tersebut, ia tidak akan kenal dengan penjual di Medan. Dia tidak akan mengenal bisnis tersebut lebih dalam menyerupai halnya soal pengepakan. Masuk ke kelas tiga Sekolah Menengan Atas Niko bisa mengekspor ikan hias untuk pertama kali.

Bisnisnya bergulir lebih pesat hingga hasilnya bisa mengirim seribu ekor ikan hias ke banyak sekali negara. Berbagai jenis ikan hias, diakuinya, tersedia di toko online, mulai ikan gara rufa, arwana, jenis ikan hias lain, serta ikan predator menyerupai spatula dan aligator.

Dia memulai bisnis ikan lain menyerupai arwana, pari air tawar, ikan import- menyerupai seolah-olah arapaima, acipenser, poliodon, hingga booming axolotl.

Intinya, Niko itu bukanlah orang yang suka berdiam diri. Dia selalu melihat peluang yang ada serta fokus menjalaninya. Bisnis itu perihal melihat pasar atau peka terhadap ajakan pasar. Namun, ia lebih menyarankan fokus di satu produk yang menjadi keahlian kita.

Selanjutnya? kita bisa berekspansi produk sejenis, atau bahkan memulai bisnis lain. Hanya duduk kasus waktu hingga sukses itu tiba dari fokus serta ketekunan. Hingga kini usahanya yang kini bernaung di bawah CV Venus Aquarium tidak hanya berpusat pada jual beli ikan.

Dia juga merambah bisnis dekorasi akuarium hingga perawatan ikan hias. Niko kemudian mengungkapkan, orang banyak salah sangka mengenai bisnisnya. Bisnis ikan hias ini memang dianggap tidak bisa menghasilkan uang besar.

"Orang pikir ini bisnis kecil, tidak keren. Bisnis minyak, watu bara, gres keren. Kalau bisnis ini, tidak keren. Tapi ternyata uangnya besar juga," ungkapnya seraya tersenyum.

Namun, ketika ditanya omsetnya, Niko terkesan malu-malu menjawabnya. "Cukup besar, tetapi tidak lezat menyebutnya. Sekitar ratusan jutalah," ujar cowok yang kini menuliskan perjalanan usahanya dalam bentuk yang berjudul Die Hard Antrepreneur itu.

2 komentar:

numpang promo ya gan
kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
Kesempatan Menang Lebih Besar,
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan kalian semua.
Silahkan tinggalkan komentar anda dengan baik dan sopan.
Silahkan berikan saran dan kritik untuk membangun blog ini jauh lebih baik.
terimakasih

Baca Juga

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
close
Banner iklan   disini