Rabu, 25 September 2019

Inilah Charles Darwin

Charles Robert Darwin lahir di Shrewsbury, Inggris, pad 12 februari 1809. beliau lahir dari keluarga kaya. Kakek dan ayahnya berprofesi sebagai dokter. Tidak heran jikalau mereka berharap Darwin akan mempunyai karier dibidang kesehatan.

Darwin ialah orang yang menjalani mas kecil dengan sikap yang cukup jorok. Pada usia 12 tahun, misalnya, beliau hanya sekali dalam sebuah membasuh kaki dikala di sekolah. Hal ini tentu bertolak belakang dengan impian orangtuanya yang menghendaki Darwin bergelut di bidang kesehatan.

Darwin kemudian kuliah di bidang kedokteran. Ketika beliau memberi tahu ayahnya bahwa beliau tidak tertarik dengan bidang kesehatan, maka beliau dipindahkan ke Cambrige pada 1827 untuk mencar ilmu teologi. Pada dikala beliau bertemu dengan Adam Sedgwick, spesialis geologi. Sang ilmuwan ini pula yang alhasil mengubah jalan hidup Darwin. Sedgwick mengajaknya ikut penelitian geologi bersama jago botani John Henslow.

Darwin menjalani kuliah teologi dengan tetap memendam hasrat mempelajari bidang yang di sukai sendiri. Meskipun tidak menyukai bidang teologi, tetapi Darwin alhasil lulus pada 1831 dengan prestasi terbaik.

Darwin kemudian dikirim untuk mencar ilmu di Universitas Edinburgh. Pendidikan Darwin di Edinburgh mengalami perkembangan berarti sehabis bertemmu dengan Robert Grant, seorang dokter yang alhasil mengenalkan Darwin pada ilmu biologi kelautan. Grant pula yang mengenalkan Darwin pada teori evolusi Jean Baptiste Lamarck, ilmuwan berkembangsaan Perancis.

Semasa kuliah di Universitas Cambrige, Darwin ialah mahasiswa yang kaya di zamannya. Dia menggambarkan masa mahasiswanya sebagai dikala paling menyenangkan dalam hidupnya. Dia menjadi pelanggan tetap seorang tukang potong rambut, penjahit, dan membayar uang langganan untuk mencuci baju dan menyemir sepatu. Kamar daerah tinggalnya pun rapi lantaran beliau menyewa tukang cat dan pembersih cerobong asap.

Selain itu, masakan Darwin sangat higienis. Dia membayar ekstra uang kepada universitas unutk menerima sayuran ditambah lauk-pauk. Namun, ada satu hal yang tidak tercatat dalam buku pengeluaran keuangan Darwin, tidak banyak uang yang dibelajakan untuk buku.

Darwin memang populer tidak suka mencar ilmu di Cambrige dan lebih menyukai acara menembak, naik kuda, serta mengumpulkan serangga. Hobi mengumpulkan hewan ini pula yang menjadi mengambarkan pekerjaan yang akan beliau tekuni di masa depan. Dia menjadi ilmuwan yang merumuskan teori dasar evolusi.

Darwin ialah oranng rumahan, jauh dari skandal, dan suami yang baik, meskipun masa mudanya dihabiskan dengan berlayar dikapal HMS Beagle selama lima tahun. Penjelajahan itulah yang mendorong inovasi Evolusi yang terus menjadi kontroversi selama 150 tahun.

Saat berlayar bersama HMS Beagle, Darwin ialah orang yang tidak tahan mabuk laut. Itulah sebabnya beliau banyak meluangkan waktu didarat. Namun, lantaran hal itu pula beliau justru lebih banyak mengumpulkan data penting.

Darwin pernah hamper ketinggalan kapal yang akan membawanya ke Kepulauan Galapagos. Padahal, pulau itu ialah daerah beliau menemukan bukti evolusi dana mengetahui bagaimana proses terjadinya, yaitu seleksi alam.

Darwin juga orang yang sering gugup. Dia menunda publikasi Origin of Species labih dari dua decade meskipun sudah yakin dengan teorinya. Dia takut dengan komentar yang akan didapatnya.

3 komentar:

numpang promo ya gan
kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
Kesempatan Menang Lebih Besar,
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan kalian semua.
Silahkan tinggalkan komentar anda dengan baik dan sopan.
Silahkan berikan saran dan kritik untuk membangun blog ini jauh lebih baik.
terimakasih

Baca Juga

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
close
Banner iklan   disini