Rabu, 22 Juni 2011

Inilah Pebisnis Terbaik Tahun Ini

Perkembangan sektor bisnis global untuk tahun ini terbilang cukup mengalami pertumbuhan yang pesat seiring dengan masih adanya proses pemulihan ekonomi global. Beberapa sosok pebisnis dunia tercatat menjadi sebuah motor bagi sektor bisnis global dan merupakan sosok yang dapat menjadi teladan mengingat adanya inovasi baru yang diciptakannya. Situs bisnis terkemuka, Fortune, pada hari ini (22/11) merilis 50 nama pebisnis terbaik untuk tahun ini. Beberapa tokoh dari survey tersebut akan kami bahas berikut ini :

Bos Netflix, Reed Hastings Pebisnis Terbaik

untuk urutan pertama dalam survey Forbes ini ditempati oleh Reed Hastings, CEO sekaligus pendiri dari perusahaan produsen video sekaligus rental DVD dan Blue-ray DVD terbesar di AS, Netflix. Kesuksesan pengusaha berumur 50 tahun ini terletak pada strategi bisnis yang dilakukannya dalam menggenjot penjualan produknya hingga mencapai 2 miliar dollar untuk tahun ini. Salah satu strategi yang dilakukan ialah dengan menciptakan line bisnis baru yaitu jasa antar dvd bagi para penyewa yang memberikan keuntungan maksimal bagi para penyewa sehingga tidak perlu kesulitan untuk datang ke counter Netflix. Selain itu, Netflix juga terus untuk menjadi superior dalam sektor bisnis ini dengan semakin memperlengkap koleksi dvdnya. Salah satu strategi dalam menangani hal ini ialah dengan bekerjasama dengan beberapa rumah produksi film seperti Paramount, MGM dan Lionsgate. Beberapa strategi bisnis tersebut merupakan upaya untuk memperkokoh posisi sebagai rental dvd terbesar di AS dibanding pesaing terdekatnya, Blockbuster. Di posisi kedua ditempati oleh CEO Ford Motor, Alan Mulally. Banyak pihak berpendapat bahwa Alan merupakan "dewa penolong" bagi Ford yang tahun lalu sempat dijerat krisis finansial sehingga menimbulkan ekspektasi terjadinya kebangkrutan salah satu produsen otomotif di AS ini. Nilai plus dan strategi yang dimilikinya dalam menyelamatkan Ford ialah dengan memperketat anggaran sehingga tercipta stabilitas finansial selain juga dibutuhkan adanya sikap kepemimpinan dan loyalitas terhadap perusahaan. Kesinambungan dari strategi tersebut dihasilkan oleh adanya prestasi di awal tahun ini dimana Ford meresmikan pabriknya di China dan berikutnya akan menyusul di Argentina dan Brasil.


Untuk posisi ketiga, nama Steve Jobs masih cukup sulit digeser dari percaturan pebisnis terbaik di dunia saat ini. CEO Apple ini dinilai telah memberikan sebuah inovasi bisnis di tahun ini dengan meluncurkan produk unggulan Apple saat ini yaitu iPad dan iPhone 4. Inovasi yang dibawa oleh Apple bahkan menjadi titik awal dari "perang" mini tablet yang saat ini dipimpin oleh iPad. Di posisi keempat ditempati oleh milyarder muda sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Pemuda berumur 26 tahun ini memang menjadi tokoh yang merupakan bahan pembicaraan di sektor bisnis di tahun ini. Facebook, situs pertemanan yang dibuatnya tercatat telah memiliki 500 juta user dan diprediksi akan semakin berkembang seiring dengan munculnya beberapa inovasi baru yang akan diluncurkan seperti email Facebook, Facebook Places dan beberapa fitur yang menyangkut dalam penggunaan mobil phone. Berkat prestasinya dalam menciptakan Facebook, baru-baru ini telah dirilis film mengenai dirinya yang berjudul Social Network. Setelah Zuckenberg, nama Ellen Kullman bercokol di posisi ke lima dan menjadikan dirinya sebagai satu-satunya pebisnis wanita di urutan 10 besar pebisnis terbaik versi Fortune. Dalam setahun kepemipinannya sebagai CEO DuPont, Ellen Kullman telah memberikan sebuah kontribusi yang signifikan bagi perkembangan bisnis perusahaannya. Untuk dapat meningkatkan performa perusahaannya, ia memberikan perhatian khusus dengan meningkatkan produksi bahan baku tekstil dan juga mencoba melakukan riset terhadap bisnis pembuatan mesin produksi bahan pangan. Sejak dipimpin oleh dirinya, saham DuPont tercatat telah mengalami kenaikan sebesar 41% dalam tahun ini.

Robin Li, Pebisnis Asia Di Urutan 10 Besar

Nama Robin Li dalam survey yang dilakukan oleh Fortune ini berada di posisi keenam. Sebagai CEO Baidu, situs search engine di China, Robin Li dinilai memiliki andil dalam kesuksesan Baidu. Paska ditariknya layanan search engone nomor wahid Google di China setahun lalu yang menjadikan sebuah keuntungan besar bagi search engine lokal untuk mengembangkan bisnisnya. Kini, Baidu tercatat memiliki inventory halaman web sebanyak 740 juta, 80 juta gambar/foto dan 10 juta multimedia file. Bahkan secara diferensiasi layanan, Baidu menawarkan layanan yang berbeda dengan Google dengan adanya akses konten multimedia seperti MP3 dan film.

Selain Rubin Li, pebisnis Asia lainnya yang masuk daftar 50 pebisnis terbaik dunia versi Fortune masih ada nama Wang Chuanfu yang berada di posisi 21, Ratan Tata di posisi 25 dan Li Li di posisi buncit nomor 50. Nama Wang Chanfu dinilai sebagai salah satu pebisnis terbaik di dunia berkat kepemimpinannya sebagai CEO BYD, salah satu produsen batere asal China. Kini selain memiliki perusahaan induk di China, BYD juga telah melebarkan sayap ke AS dengan membangun cabang di Los Angeles. Prestasi lainnya ialah untuk tahun depan BYD akan menjadi produk batere pendukung bagi Daimler. Berikutnya Ratan Tata yang merupakan salah satu dari Chairman dari perusahaan konglomerasi Tata Group.





















Sumber
http://www.vibiznews.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More