Minggu, 26 Juni 2011

4 Negara Dongkrak Jumlah Orang Kaya di Dunia




MAJALAH Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia. Rusia, Brazil, China dan India menjadi negara-negara yang telah mendongkrak jumlah orang terkaya di dunia.

Dalam rilis daftar tahunan 1.209 orang terkaya di dunia, Forbes menyebut bahwa Rusia saat ini paling banyak menghasilkan milyader. Bekas negeri komunis itu menyumbangkan 79 orang dalam daftar orang-orang terkaya dunia. Selanjutnya New York, disebut Forbes memiliki 58 milyader.

Sementara pendiri Microsoft, Bill Gates, berada di posisi kedua dengan pertumbuhan kekayaan mencapai USD 56 miliar dari USD 53 miliar pada tahun lalu. Sedangkan Warren Buffett yang kekayaannya naik dari USD 47 miliar menjadi USD 50 miliar, lagi-lagi berada di posisi ketiga.

Dalam laporannya Forbes menyebut bahwa China hampir menggandakan jumlah milyader menjadi 115. Angka itu merupakan yang pertama kali bagi negara di luar Amerika Serikat yang menghasilkan lebih dari 100 milyader.

India juga menambah enam milyader, sehingga 55 warganya masuk dalam daftar orang terkaya dunia. "Namun kekayaan bersih (India) rata-rata sangat besar, yaitu mencapai $ 4,5 miliar untuk seorang miliarder, sedangkan Cina hanya mencapai $ 2,5 miliar," ujar Chief Executive Forbes, Steve Forbes seperti dikutip REUTERS.

Lonjakan milyader di Rusia disebabkan oleh ledakan komoditas baja dan minyak. Sedangkan jumlah milyader di Brazil bertambah seiring berasal dari pengetatan keuangan dan pengetatan nilai tukar.

Brazil, Rusia, India dan China menyumbang setengah dari daftar 214 miliyader dunia yang baru. Sedangkan kawasan Asia Pasifik menyumbang 105 pendatang baru, dengan 3/4 di antaranya memperoleh kekayaan dari saham di perusahaan publik.

Di seluruh dunia, industri teratas yang menghasilkan miliader baru ialah energi, mode, ritail, manufaktur, keuangan dan sejenisnya. Kekayaan rata-rata milyader di dunia melonjak 25 persen menjadi USD 4,5 triliyun dan nilai rata-rata bersih naik menjadi USD 3,7 miliyar dari USD 3,5 miliyar. Ada 47 orang yang keluar dari daftar. Sedangkan jumlah perempuan di jajaran milyader meningkat menjadi 102 dari 89 orang pada tahun lalu.

Dalam daftar orang terkaya itu, konglomerat Meksiko, Carlos Slim, masih berada di urutan pertama. Slim selama dua tahun berturut-turut menjadi orang terkaya di dunia dengan total kekayaan yang melonjak dari USD 20,5 milyar menjadi USD 74 miliar. Namun Forbes juga mencatat bahwa Bill Gates akan masih menjadi orang terkaya di dunia jika dia tidak memberikan USD 280 miliar ke yayasannya.

Sementara pendiri Microsoft, Bill Gates, berada di posisi kedua, dengan pertumbuhan kekayaan mencapai USD 56 miliyar dari 53 miliar pada tahun lalu, dan investor Warren Buffett lagi-lagi berada di posisi ketiga dengan USD 50 miliyar, naik dari USD 47 miliar.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan kalian semua.
Silahkan tinggalkan komentar anda dengan baik dan sopan.
Silahkan berikan saran dan kritik untuk membangun blog ini jauh lebih baik.
terimakasih

Baca Juga

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
close
Banner iklan   disini